Siap Akreditasi, Puskesmas Batu Kekurangan Dokter

0
31
Edi Juniarianto (fathul)
Edi Juniarianto (fathul)

MALANGVOICE – Tahun ini Dinas Kesehatan Kota Batu menyiapkan Puskesmas Batu untuk diakreditasi agar sesuai standar nasional yang ditetapkan kementrian. Ada beberapa hal yang perlu ditata, termasuk sumber daya manusia kesehatannya.

Sekretaris Dinkes, Edi Juniarianto, mengatakan, saat ini Puskesmas Batu hanya memiliki 3 orang dokter, termasuk Kepala Puskesmas. Padahal Kepala Puskesmas seharusnya mengurusi soal manajemen saja karena banyak ke sana-kemari melaksanakan kegiatan manajerial.

“Persyaratan harus berapa dokternya saya lupa, karena ada banyak hal yang menjadi indikator akreditasi ini. Harusnya ada dua tim dokter, satu tim untuk rawat inap dan tim lainnya untuk rawat jalan. Jadi nggak dobel-dobel,” ungkapnya kepada MVoice.

Akreditasi ini, lanjutnya, dilakukan karena ada aturan baru untuk peningkatan mutu layanan Puskesmas. Sehingga ke depannya, Puskesmas punya standar pelayanan yang optimal untuk melayani kebutuhan kesehatan masyarakatnya.

“Tentu saja akan ada pendampingan, baik dari segi manajemennya, pembangunan sumber daya manusianya, hingga pembuatan standar operasional prosedur (SOP),” tandasnya.