Sepakati Delapan Poin, Relokasi Pedagang Pasar Blimbing Dijadwal 13 September

0
120
Rakor Pedagang Pemerintah dan Investor
Rakor Pedagang Pemerintah dan Investor

MALANGVOICE – Setelah mengalami pembahasan yang cukup alot, akhirnya Pemkot Malang, pedagang dan investor menyepakati delapan item terkait pembangunan Pasar Blimbing.

Delapan item itu antara lain, masalah site plan sudah disepakati bersama, jumlah tempat berjualan sesuai dengan site plan, penataan dan penempatan pedagang dilakukan oleh perwakilan Pemkot Malang perwakilan pedagang dan investor sesuai kapasitasnya, Pembentukan sarana dan prasarana pasar relokasi oleh investor, Dinas pasar selesaikan blokplan dengan gambar tiga dimensi dalam waktu satu minggu termasuk sosialisasi tentang aturan dalam menempati pasar baru ataupun pasar reloakasi, serta aturan tersebut harus ada kejelasan dan pelaksanaan relokasi dilaksanakan tanggal 13 September jika beberapa poin penting direalisasi.

Wali Kota Malang, HM Anton, mengatakan, dari delapan poin di atas hal yang paling krusial adalah relokasi ke Stadion Blimbing, maksimal dilakukan pada tanggal 13 September. “Pada intinya pedagang sepakat relokasi asalkan poin yang disepakati itu direalisasikan,” kata Anton, beberapa menit lalu.

Ia menjelaskan nantinya permasalahan site plan dan pemaparan blok plan akan diselesaikan dalam waktu satu minggu sejak hari ini. Sedangkan, untuk pembenahan pasar relokasi, sepenuhnya ada di pihak PT Karya Indah Sukses (KIS).

“Bahkan jika belum satu bulan poin poin yang disepakati itu sudah terealisas, maka sebelum tanggal 13 September bisa saja langsung relokasi,” tukasnya.

Anton menjamin jika pedagang akan mentaati kesepakatan tersebut dan tidak akan membelot dari kesepakatan, sedangkan pihak investor, diharapkan bisa menyelesaikan pasar relokasi dengan baik sesuai permintaan pedagang.

“Jika misalnya investor gagal memperbaiki pasar relokasi, ya risiko mereka tanggung sendiri. Yang jelas saat ini dinas Pasar saya perintahkan selesaikan beberapa poin kesepakatan,” tuturnya.

Sementara itu, General Manager PT KIS, Yusron Virmanza, menegaskan pihaknya sangat sanggup memperbaiki pasar relokasi dengan baik sesuai dengan hasil kesepakatan bersama tersebut. “Tinggal hanya beberapa perbaikan, tapi intinya kita siap dan komitmen,” kata Yusron.

Baik Anton maupun Yusron berharap Pasar Blimbing segera ada progres dan pembangunan bisa selesai pada tahun 2017 mendatang.