Semua Pihak Sepakat TPS Pasar Merjosari Dibongkar

0
114
Rapat Prakondisi Perpindahan Pedagang Pasar Merjosari

MALANGVOICE – Dinas Pasar Kota Malang serius melakukan relokasi pedagang dari Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Merjosari kembali ke Pasar Dinoyo.

Keputusan itu diambil, menyusul kondisi Pasar Dinoyo yang sudah selesai dibangun dan siap ditempati pedagang.

bongkar1Selain itu, Pemkot Malang juga berkeinginan mengembalikan fungsi semula lahan di Merjosari yang selama ini dipakai berjualan pedagang pasar, menjadi kawasan permukiman.

Upaya Dinas Pasar Kota Malang dalam menindaklanjuti perpindahan pedagang itu dilakukan dengan melakukan pertemuan dan rapat koordinasi bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pasar, Wahyu Setianto,menyatakan, semua pihak sepakat Pasar Dinoyo harus diaktifkan kembali untuk berjualan pedagang, demi terciptanya roda perekonomian yang baik.

“Beberapa hari lalu kita sudah melakukan rapat bersama unsur Forkopimda untuk prakondisi sebelum pedagang pindah ke Pasar Dinoyo,” kata Wahyu.

Sebelum bertemu dengan Forkopimda, Wahyu mengajukan surat yang berisi permintaan pencabutan Peraturan Wali Kota (Perwal) Tentang Penetapan Tempat Penampungan Sementara Pasar Merjosari sebagai Pasar Tradisional kepada Bagian Hukum Pemkot Malang.

Pencabutan Perwal itu sebagai dasar hukum mengembalikan lahan di Merjosari seperti semula dan tidak lagi dipakai untuk tempat penampungan sementara pedagang.

“Kalau sudah ada pencabutan Perda maka kawasan Pasar Merjosari saat ini akan dikembalikan seperti fungsi semula yakni permukiman,” imbuhnya.

Wahyu menegaskan pedagang di Merjosari sudah sepakat pindah ke Pasar Dinoyo yang dijadwalkan pada bulan ini. Pihaknya hingga saat ini terus melakukan sosialisasi kepada pedagang yang masih berjualan di Pasar Merjosari agar segera pindah ke Pasar Dinoyo.

Caranya, dengan pemasangan spanduk sebagai bentuk pemberitahuan kepada pedagang dan juga akan ada pemasangan seng di sekitar lokasi TPS Pasar Merjosari.

Sementara itu Wali Kota Malang, H.Moch Anton berharap agar perpindahan pedagang bisa segera direalisasi, sehingga nantinya berdampak positif pada meningkatnya pendapatan bagi para pedagang Pasar Dinoyo.

“Pasar Dinoyo saat ini sudah selesai dibangun dan diharapkan bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat,” kata Anton.