Satu-satunya di Indonesia, PMK Batu Miliki Vertical Rescue Bantuan Singapura

0
241
Alat terbaru untuk pemadam kebakaran Kota Batu dari Singapura (istimewa)

MALANGVOICE – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Kota Batu mendapat hibah alat canggih satu-satunya di Indonesia, Roll Gliss, dari Singapura, untuk penyelamatan vertikal (vertical resque).

Peralatan itu sudah diuji coba dan pelatihan oleh PMK Batu dilakukan di Wana Wisata Coban Talun, beberapa waktu lalu. Alat ini akan sangat membantu PMK dalam proses evakuasi, misalnya tercebur sumur atau jatuh ke jurang.

Alat terbaru untuk pemadam kebakaran Kota Batu dari Singapura (istimewa)2

Kepala PMK Batu, Santoso Wardoyo, mengatakan, alat itu untuk membantu evakuasi berupa instalasi pulley yang memungkinkan penolong bisa menyelamatkan korban dari kedalaman atau ketinggian.

“Alat ini mendukung kinerja kami, karena tugas Damkar tidak hanya memadamkan api saja, tapi juga memiliki fungsi sebagai tim rescue ketika terjadi bencana, baik bencana alam atau kecelakaan kerja,” kata Santoso kepada MVoice.

Dijelaskan, keunggulan alat ini yaitu perbandingan beban bisa berkurang 3 banding 1. Bila beban korban 90 Kg misalnya, saat ditarik hanya akan terasa seperti 30 Kg saja sehingga evakuasi akan berjalan cepat.

“Kemarin peserta pelatihan ada 25 personel Damkar, dengan trainer langsung dari Singapura. Bila disesuaikan dengan kondisi di Kota Batu, memang alat ini sangat efektif,” sambungnya.