Sakit Gigi Berulang? Jangan Keburu Dicabut!

0
68
Sofyanto dr SpBS, salah satu dokter konsultan di Brain and Spine Community.

MALANGVOICE – Pernah mengalami sakit luar biasa di daerah wajah, terutama kawasan gusi, gigi, atau mulut?

Mungkin Anda mengira sakit itu bersumber dari gigi. Namun belum tentu demikian, bisa jadi Anda terkena trigeminal neuralgia. Penyakit syaraf yang mengatur perasa wajah yang posisinya berada di batang otak.

“Penyebabnya adalah sentuhan atau penekanan pembuluh darah pada syaraf nomor 5 yang mengatur perasa wajah,” kata Sofyanto dr SpBS, salah satu dokter konsultan di Brain and Spine Community.

Menurutnya, sakit gigi berulang seringkali membuat penderita trigeminal neuralgia rela mencabut gigi yang dianggap sebagai biang masalah.

“Karena salah analisis, sehingga meskipun dicabut sampai habis, sakit tersebut tidak akan hilang,” imbuhnya.

Sofyanto menjelaskan, trigeminal neuralgia bukan disebabkan oleh gigi, stress, maupun kelelahan dan kecemasan pada penderita. Kecemasan menurutnya hanya akan memperparah reaksi, bukan semakin memicu.

“Semakin cemas penderita, denyut pembuluh darah yang menekan syaraf nomor 5 akan semakin kuat sehingga otomatis sakit yang ditimbulkan juga bertambah,” urai dia.

Sofyanto juga menambahkan, pelengketan pembuluh darah dengan syaraf yang menyebabkan kesakitan tersebut hanya bisa diselesaikan dengan operasi pemisahan. Pemberian obat, injeksi, pijat ataupun tusuk jarum tidak memungkinkan sebagai langkah penyembuhan trigeminal neuralgia.

“Caranya, dilakukan pembedahan, kemudian syaraf dan pembuluh darah yang lengket tersebut diberi semacam pemisah agar tidak saling bersentuhan,” jelasnya.