Ribuan Siswa SD di Batu Tradisikan Cuci Tangan

0
12
Siswa mencuci tangan di depan Kantor Kecamatan Bumiaji (fathul)

MALANGVOICE – Ribuan siswa SD se Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, menggelar kegiatan pungut sampah dan cuci tangan bersama sejak pagi tadi di pusatkan di Kantor Kecamatan Bumiaji.

Ribuan siswa-siswi SD secara bergantian minum susu dan cuci tangan. Sementara di pendopo, tim dari Iuwash (Indonesian Urban Water, Sanitation, an Hygiene) mensosialisasikan cara mencuci tangan.

“Ada lima kondisi di mana kita harus mencuci tangan, yakni sebelum makan, sesudah buang air besar, sebelum menyentuh bayi, setelah menyentuh hewan peliharaan, dan terakhir sebelum memasak,” kata Behavior Change Communication Iuwash, Ristina Aprillia.

Usai pelaksanaan cuci tangan, puluhan bak cuci tangan ini kemudian dihibahkan kepada UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Bumiaji untuk dibagikan ke sekolah-sekolah.

“Cuci tangan harus menggunakan sabun, tidak boleh hanya dengan air. Karena tujuan mencuci tangan ini adalah memutuskan rantai virus, bakteri, dan kuman,” sambungnya.

Camat Bumiaji, Aris Imam Wahyono, menjelaskan kegiatan ini merupakan puncak rangkaian lomba kebersihan sejak 6 bulan lalu, bertepatan Hari Kesehatan Nasional, Hari Mencuci Tangan Se-Dunia, dan Hari Lingkungan Hidup.

“Yang kami harapkan, perilaku hidup bersih sudah bisa membudaya di masyarakat Bumiaji. Karena enam bulan ini, mereka aktif menciptakan kebersihan diri dan lingkungannya,” tandas Aris.