Ribuan Maba UM Ikut PKKMB Hari Pertama

0
330
Mahasiswa baru di Gracak. (Anja)
Mahasiswa baru di Gracak. (Anja)

MALANGVOICE – Hari ini, ribuan mahasiswa baru (maba) Universitas Negeri Malang mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Graha Cakrawala UM.

Mahasiswa berseragam lengkap warna putih dan beralmamater itu terlihat sudah memadati Gracak sejak pulul 6.70 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan dan pemberian materi-materi kemahasiswaan dan pengetahuan kehidupan kampus.

Kepala Bagian Akademik, Hery Suwito mengatakan, keikutsertaan PKKMB sangat penting mengingat sertifikat PKKMB dijadikan syarat untuk mendapatkan beasiswa di UM.

“Tidak mempengaruhi kelulusan atau skripsi, tapi sertifikatnya itu penting untuk persyaratan mengajukan beberapa beasiswa di kampus,” kata dia kepada MVoice.

Ia juga menambahkan, dalam PKKMB tahun ini, kampus akan mengenalkan pentingnya berpikir secara ilmiah. Harapannya, sejak pertama kali berkuliah di UM, mahasiswa sudah mengenal dan termotivasi membuat karya tulis ilmiah.

Soal perpeloncoan, Hery memastikan tidak akan ada aksi kekerasan atau perpeloncoan. Dia menandaskan, siapapun pihak kampus yang ketahuan memelonco mahasiswa baru akan mendapatkan sanksi.

Lebih lanjut, PKKMB UM akan dilaksanakan selama 6 hari hingga tanggal 20 Agustus 2016. Untuk hari pertama, maba akan menerima materi kehidupan berbangsa dan bernegara oleh Prof Dr H Sukowiyono SH MHum, dan dilanjut pengenalan pendidikan tinggi, para pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa, lalu ditutup dengan pembinaan karakter.