Pohon Berusia 20 Tahun Tumbang Halangi Jalan di Songgoriti

0
6
Anggota BPBD saat memotong pohon roboh (istimewa)

MALANGVOICE – Masyarakat harus berhati-hati, karena bencana setiap saat bisa datang. Salah satunya pohon tumbang yang baru saja terjadi di Jalan Songgoriti, tepatnya depan Hotel Kartika Raya.

Pohon jatuh dalam posisi melintang di jalan sehingga transportasi terputus sementara waktu. Beberapa pengendara yang lewat terpaksa bali arah dan mengambil jalan lain untuk mencapai tujuan.

Menurut anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, pohon jenis flamboyan ini roboh karena faktor kekeroposan akar. Padahal batang pohon berusia lebih dari 20 tahun ini masih kuat, tapi akarnya sudah lemah.

Tim BPBD yang mendapat informasi itu langsung bergegas ke lokasi dan menyingkirkan pohon dari jalanan. Menggunakan mesin pemotong dan parang, mereka gotong royong agar pohon tidak menghambat aktivitas warga.

Saat ini, pohon sudah dipotong sehingga jalan kembali lancar. Untungnya, pohon yang tegak dipinggir jalan ini rubuh di lokasi yang sepi sehingga tidak ada kerugian jiwa maupun material yang berarti.