PLN Mengajar, Tanamkan Peran Penting Listrik bagi Kehidupan

0
82
PLN Mengajar (anja)

MALANGVOICE – Hari ini, 340 siswa kelas XI SMAN 3 Malang mendapat ilmu baru dari Direktur PLN Regional Pulau Sumatera, Amin Rosidi, dalam program PLN Mengajar.

Amin yang alumnus SMAN 3 tahun 1977 itu menjelaskan peran penting listrik untuk kehidupan terutama dalam menunjang aktivitas belajar siswa.

“Di sekolah, butuh listrik untuk LCD. Di rumah, lampu butuh listrik,” katanya beberapa menit lalu.

Amin juga memberikan informasi cara penghematan energi yang mudah.

“Matikan lampu yang tidak digunakan lagi. Menggunakan alat listrik yang hemat daya. Atau akan lebih baik jika bisa memanfaatkan penggunaan cahaya matahari saja karena 40% pemakaian listrik di rumah hanya untuk lampu/penerangan,” katanya.

Kegiatan ini disambut partisipasi aktif siswa. Terlihat beberapa siswa aktif bertanya dan berani mengutarakan idenya. Selain siswa, PLN Mengajar disambut positif guru SMAN 3.

“Program ini bagus karena ini satu inspirasi dan motivasi. Pada pelajaran fisika ada bab generator induksi magnet. Disitu ada pelajaran soal penghematan listrik. Apalagi saat ini SMAN 3 selalu mengunakan IT dan gadget sebagai media pembelajaran. Jadi pesan saya, meskipun sekolah memfasilitasi akses listrik, sebaiknya gunakan charger seperlunya saja,” kata guru Fisika SMAN 3, Wawan Ramunadi.