Pimnas 2016, UGM Jadi Saingan Terberat UB

mahasiswa UB yang lolos Pimnas harus bersiap (anja)
mahasiswa UB yang lolos Pimnas harus bersiap (anja)

MALANGVOICE – Persaingan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2016 padal 8-12 Agustus di IPB Bogor diperkirakan semakin ketat. Persaingan itu akan dirasakan perguruan tinggi yang masuk tiga besar yaitu Universitas Gajah Mada, Universitas Brawijaya, dan Universitas Negeri Malang.

“Tiap perguruan tinggi pasti mempersiapkan yang terbaik buat timnya. Kompetitor berat UB ya UGM Jogja. Sekarang juga ada Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Diponegoro Semarang dan IPB juga. IPB juga pernah juara umum,” jelas Darjito, Ketua Kontingen Pimnas UB kepada MVoice.

Karena itu, lanjutnya, meski persiapan tim ke Pimnas hanya 15 hari, UB akan berjuang mendapat juara umum lagi seperti tahun lalu saat di Kendari.

“Jika tahun lalu, waktu persiapan ada dua bulan,” tambah Wakil Dekan III Fakultas Matematika dan IPA ini.

Untuk diketahui, sebanyak 27 tim UB sudah mengikuti karantina di Hotel Pujon View selama tiga hari. Di karantina, mereka berlatih presentasi dengan tiga reviewer. Sementara besok, Rabu (3/8), mereka akan presentasi sebagai pengecekan kesiapan akhir.

Tim Pinmas UB akan berangkat dengan perjalanan dalam memakai empat bus ke Bogor pada Sabtu mendatang (6/8). Selain 125 mahasiswa, para pejabat UB akan ikut untuk mendukung para mahasiswa.

Dalam Pimnas tahun lalu, dari presentasi mahasiswa, UB mendapat empat medali emas, enam perak dan 10 perunggu . Sedang poster, UB mendapat tujuh medali emas. Karena itu, tahun lalu UB jadi juara umum.

UB masih menunggu pengumuman PKM GT (Gagasan Tertulis) yang belum diumumkan. Jika ada yang lolos, otomatis menambah tim di Pimnas. Dari 27 tim PKM, terbanyak diwakili FTP (Fakultas Teknologi Pertanian) sebanyak 10 tim.