Pilkada Batu, Muhammad : Kemarahan Rakyat di Tangan Panwaslih

0
91
Prof Dr Muhammad saat memberi sambutan dalam pelantikan Panwaslih Batu (fathul)
Prof Dr Muhammad saat memberi sambutan dalam pelantikan Panwaslih Batu (fathul)

MALANGVOICE – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Prof Dr Muhammad MSi, menaruh harapan besar pada tiga komisioner Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Batu yang baru saja dilantik.

Menurutnya, menjadi komisioner Panwaslih merupakan pekerjaan berat. Karena mereka adalah wasit yang bersama-sama dengan KPU menyelenggarakan pemilihan dengan penuh integritas.

“Kalau nggak berintegritas, publik bakal marah. Dan kemarahan publik itu pasti tidak mengedepankan rasionalitasnya, kisruh jadinya. Makanya kemarahan publik, kedamaian publik, ada di tangan kalian,” tegas Muhammad dalam sambutannya.

Ia juga mengingatkan, Panwaslih terpilih karena dipilih masyarakat. Meskipun dalam pelaksanaannya ada tim seleksi, dan dalam fit and propper test terakhir yang menentukan adalah Bawaslu Jatim.

“Tolong dibaca aturan-aturannya dengan cermat, dan dijaga amanat masyarakat ini. Jika tidak dijaga akan menimbulkan masalah, bukan hanya masalah politik, tapi sosial, budaya, dan berpengaruh pada pembangunan,” imbuhnya.