Persiapkan Nyepi, Masyarakat Hindu Malang Raya Sucikan Diri di Batu

0
38

MALANGVOICE – Seribuan masyarakat Hindu di Malang Raya datang ke Block Office untuk melaksanakan Tawur Agung, siang ini. Kegiatan diniatkan untuk menyucikan diri terlebih dahulu agar Hari Raya Nyepi besok bisa khusyuk.

Halaman Block Office menjadi ramai oleh pengunjung karena banyak ogoh-ogoh yang berjejeran. Ogoh-ogoh ini berupa patung raksasa dengan gigi panjang dan jemari penuh cakar sebagai lambang sifat jahat manusia.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Batu, Pariyanto, mengatakan puncak hari rayanya dilaksanakan besok pagi mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB alias 24 jam.

“Walaupun kita dilahirkan manusia yang tidak sempurna, kita wajib bersyukur. Karena dilahirkan jadi manusia sangat-sangatlah sulit,” ungkap Pariyanto memaparkan salah satu ajarannya.

Ditambahkan, diantara semua makhluk yang dilahirkan menjadi manusia sajalah yang bisa melaksanakan perbuatan baik dan buruk. Ia memerintahkan agar manusia melebur dalam perbuatan baik dan jauhi yang buruk.

“Kita harus setiap hari introspeksi diri setiap hari sehingga kesalahan bisa kita tekan. Dan seyogyanya harus bisa bermanfaat bagi orang lain,” tandasnya.