Penyakit Kejiwaan Bisa Jadi karena Kesepian?

0
9
Kesepian (gretchenrubin.com)

MALANGVOICE – Kedekatan antar manusia merupakan hal mendasar bagi kesehatan mental kita. Karena itu, perasaan kesepian cenderung sering timbul bersamaan diagnosa gangguan kesehatan mental.

Berikut penyakit mental yang bisa disebabkan oleh rasa kesepian:

1. Depresi
Kesepian adalah faktor depresi. Depresi timbul karena seseorang tak memiliki hubungan persahabatan yang dekat dalam hidupnya.

2. Kecemasan Sosial
Gambaran orang yang mengidap gangguan ini seperti takut meninggalkan rumah. Kita mungkin merasa seolah-olah tidak disukai lingkungan atau tidak layak berhubungan baik dengan orang-orang di sekitar.

3. Kecanduan
Dalam sebuah artikel Huffington Post, referensi karya Profesor Peter Cohen, mengatakan: “Jika kita tidak dapat terhubung satu sama lain, kita akan terhubung dengan apa pun yang kita temukan, deru dari roda rolet atau tusukan jarum suntik. Kita harus berhenti berbicara sama sekali tentang ‘kecanduan’, dan menyebutnya ‘ikatan.’ Pecandu heroin telah terikat dengan heroin karena dia tidak punya ikatan sepenuhnya pada apa pun. Jadi kebalikan dari kecanduan bukanlah ketenangan. Ini adalah hubungan manusia.”

4. Hobi Menimbun (hoarding)
Hoarding adalah kegiatan menimbun sampah atau barang-barang tidak berguna. Ketika kita tidak bisa mengisi hidup kita bersama teman-teman dekat dan keluarga, beberapa orang mungkin beralih ke objek tertentu untuk mengisi kekosongan.

Semua penyakit mental di atas bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia, gender, status ekonomi dan sosial.-

sumber: huffingtonpost.com
yourtango.com