Pengusaha Restoran dan Kafe Dilatih Mengolah Kentang

0
234
Edukasi pengolahan kentang. (deny)

MALANGVOICE – Puluhan anggota Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo), mendapat pelatihan pengolahan kentang yang benar dari US Potato Board, di RM Kertanegara, siang ini.

Dipandu perwakilan US Potato Board Indonesia, Leonard Tjahjadi, dijelaskan tipe dan pengolahan kentang yang baik. Setiap kentang, kata dia, memiliki kandungan air yang banyak, sehingga saat menggoreng harus diperhatikan kepasan dan kepadatan kentang.

Leonard Tjahjadi
Leonard Tjahjadi

Di Amerika, jenis kentang terbaik adalah Rossets. “Yang paling banyak digunakan di restoran terkenal jenis kentang itu karena kalau digoreng isinya padat dan renyah,” katanya beberapa menit lalu.

Tak hanya itu. Kentang produk US Potato Board, frozen dan tepung ternyata bisa digunakan bermacam menu unik lain. Leonard menambahkan, saat edukasi di Surabaya, ada yang mengolah kentang menjadi es krim dan pengganti nasi yang enak.

“Kalau hanya kentang goreng saja semua restoran pasti jual, sekarang kentang bisa diolah lagi untuk menaikkan harga jual,” jelasnya.

Sementara, Ketua DPC Apkrindo Malang, Indra Setiyadi, mengatakan tujuan pelatihan untuk menambah kreativitas pengusaha kafe dan restoran dalam produknya.

“Restoran dan kafe di Malang cukup maju, jadi harus berani bersaing dengan produk yang bagus,” kata Owner RM Kertanegara itu.

Dari pelatihan, setiap peserta mendapat kesempatan mengkreasikan menu kentang. Yang terbaik nantinya mendapat reward dari US Potato Board.-