Penderita Diabetes Rentan Alami Gangguan Kesehatan Mulut dan Gigi

0
183
Penderita diabetes sebaiknya rutin ke dokter gigi (anja)
Penderita diabetes sebaiknya rutin ke dokter gigi (anja)

MALANGVOICE – Penderita Diabetes ternyata lebih rentan mengalami gangguan kesehatan mulut dan gigi. Menurut seorang Dokter Gigi di Jalan Candi Mendut, Achmad Djamil, peningkatan kadar gula membuat bakteri berkumpul dan berkembang biak. Penderita diabetes yang merokok juga ternyata lebih berisiko terkena penyakit gigi.

Beberapa penyakit gigi dan mulut yang bisa menjangkiti penderita diabetes, antara lain mulut kering.

“Mulut kering terjadi ketika kadar air liur tak cukup untuk melembabkan mulut. Mulut kering ini ladang suburnya bakteri yang berkembang biak,” paparnya kepada Mvoice.

Penyakit mulut lainnya adalah radang gusi atau Gingivitis. Ini merupakan pembengkakan gusi akibat kerusakan tulang penyangga gigi. Akibatnya gigi terlepas. Diabetes yang parah membuat penyakit ini semakin tidak terkontrol. Selanjutnya, penderita diabetes biasanya selalu sariawan dan mulutnya mengalami mati rasa.

Achmad menyarankan, bagi penderita diabetes untuk selalu menjaga tingkat gula darah dan kolestrol mendekati normal. Biasakan menggosok gigi dua kali sehari dan rutin menggunakan dental floss untuk mencegah plak pada gigi.

“Karena penderita diabetes rentan terkena penyakit gigi dan mulut, maka mereka harus lebih memperhatikan kesehatan gigi mereka dan lebih rajin memeriksakan gigi ke dokter gigi,” tuturnya.