Pemprov Jateng Pamerkan Program Analisis Media dan SMS Center

0
34
Kasubbag Humas, Budiar (kanan) Asisten 2 Pemkab Malang, Mursyidah, dan Kabiro Humas Prov Jateng, Sinoeng N Rachmadi (fathul)

MALANGVOICE – Selain memberikan beberapa pencerahan soal hubungan media, Kabiro Humas Setda Prov Jateng, Sinoeng N Rachmadi, juga memamerkan kinerja staf-stafnya.

Salah satu program andalan yang bisa ditiru Pemkab Malang adalah membangun sistem analisis media massa dan sms center yang bisa digunakan seluruh masyarakat.

“Di analisis media kami punya sistem untuk melihat di pagi hari, berapa ratus media yang menyebut Ganjar Pranowo (Gubernur), Heru Sudjatmoko (Wagub), dan Jawa Tengah,” kata Sinoeng.

Dengan sistem analisis ini, lanjutnya, birokrasi akan tahu berita mana yang positif, datar, bahkan negatif. Dengan kondisi ini, langkah-langkah akan didapatkan dengan baik untuk memberikan feedback.

“Kalau berita negatif di media abal-abal, itu tidak kita hiraukan. Jadi harus dilihat oplah media yang membuat berita, dan cakupannya luas apa enggak,” sambungnya.

Mengenai SMS Center, Humas memberikan nomor umum kepada seluruh masyarakat sehingga bisa curhat apapun terkait pembangunan Provinsi Jawa Tengah.

“Di SMS Center ini kita punya SOP menjawab maksimal 3 jam dan kedaluarsa kalau 2 hari. SKPD terkait yang menjawab tercepat akan diberi reward,” tutupnya.