Pemkot Batu Siapkan Dana Pendamping Rp 5 M untuk Jalan Tembus Batu-Pasuruan

0
124
Kepala Dinas PU Bina Marga, Aeif Assiddiq.

MALANGVOICE – Rencana pembangunan jalan tembus Batu-Pasuruan dipastikan direalisasikan tahun depan. Pemkot Batu mengalokasikan dana pendamping sebesar Rp 5 miliar dalam APBD 2017.

Kepala Dinas PU Bina Marga, Arif Assiddiq, mengatakan, dana pendamping tersebut untuk pembangunan drainase, penerang jalan umum dan trotoar sepanjang 4 km yang masuk wilayah Batu. Sisanya berada di Kabupaten Malang dan Pasuruan.

“Untuk pembangunan jalan sepenuhnya anggaran provinsi,” kata dia kepada MVoice.

Semester dua atau akhir tahun ini baru tahap perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) provinsi. Awal tahun depan dilanjutkan pelebaran serta pekerjaan awal, jembatan dan sebagainya.

Sedangkan Detail Engineering Design (DED) selesai dibuat dan persetujuan dimulainya pembangunan jalan tembus tertuang dalam MoU tiga daerah beserta Pemprov.

“Teknisnya langsung ditangani provinsi. Daerah hanya menyesuaikan,” jelas mantan Camat Batu itu.

Hadirnya jalan tol sangat penting bagi masyarakat dan pemerintah daerah. Hal ini semakin menarik minat wisatawan berkunjung ke kota Batu.

“Juga solusi mengurangi kemacetan di jalur utama. Selama ini jika libur panjang selalu macet di Batu. Makanya kami sambut baik jalan tembus ini,” paparnya.