Pancasila Modal Masyarakat Indonesia Menghadapi MEA

0
90

MALANGVOICE – Perkembangan zaman selalu disertai segala dinamika, termasuk politik, sosial, ekonomi dan budaya. Dalam hal ini, kandungan nilai-nilai yang ada pada Pancasila, UUD ’45, Bhinneka Tunggal Ika dan spirit NKRI yang penuh dengan nilai keagamaan, akan mampu menjadi pengendalinya.

Demikian antara lain disampaikan Anggota Komisi I DPR RI, Dr Nurhayati Ali Assegaf, pada acara dengar pendapat bersama masyarakat, bekerja sama dengan RRI Malang, dan disiarkan secara langsung di seluruh wilayah Jawa Timur.

Pada acara yang bertema Menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Dr Nurhayati Ali Assegaf mendapat banyak pertanyaan, terutama terkait mengenai kesiapan bangsa ini menghadapinya.

Seperti diketahui, Negara-negara anggota ASEAN, termasuk Indonesia, beberapa waktu lalu telah menyepakati perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN. “MEA merupakan istilah yang dikenal di Indonesia. Tapi pada dasarnya MEA itu sama dengan AEC atau ASEAN Economic Community (AEC).

Dalam menyikapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN itu, Nurhayati Ali Assegaf memberi pesan kepada masyarakat, agar jangan meninggalkan Pancasila. Kekuatan serta karakter Bangsa Indonesia ada di dalam Pancasila. Dan nilai-nilai itulah yang mampu mengawal bangsa Ini mengarungi era pergaulan baru masyarakat ASEAN itu.