Nah… Kurang gerak, Kecerdasan Menurun!

0
34
Potato Couch (shuttershock)

MALANGVOICE – Kebiasaan duduk terlalu lama sambil menonton TV dan makan cemilan ternyata menyebabkan turunnya tingkat kecerdasan jangka panjang.

Meski para ahli kesehatan telah mengenal beberapa perilaku yang statis dan terlalu lama menghabiskan waktu di depan layar dapat menurunkan kesehatan fisik, ini merupakan penelitian pertama yang menghubungkan gaya hidup malas dengan kemampuan kognitif.

Penelitian di AS itu diikuti 3.200 orang dewasa berusia antara 18 sampai 30 tahun selama 25 tahun. Penelitian memonitori kebiasaan menonton Tv mereka.

Dari hasil penelitian dikatakan bahwa mereka yang menyaksikan televisi selama 3 jam atau lebih selama lebih dari empat hari seminggu dan jarang berolahraga, akan dua kali berisiko mengalami penurunan kecerdasan selama 25 tahun kedepan.

Dilansir dari The Telegraph (3/12), Dr. Tina Hoang, peneliti dan edukator dari Northen California Institute, mengungkapkan, “Kami menemukan, rendahnya tingkat aktivitas fisik dan terlalu lama menonton televisi selama masa muda berkaitan dengan penurunan kecerdasan kognitif saat pertengahan usia”

“Lebih tepatnya, kebiasaan seperti itu akan menurunkan kemampuan untuk memproses informasi dan menciptakan ide baru, namun tidak mengurangi kemampuan verbal,” imbuhnya

Selanjutnya, pada studi terpisah yang dilakukan oleh University of Boston menemukan bahwa pemuda yang melakukan kegiatan aerobik atau fitness rutin akan mengalami pembesaran volume pada bagian entorhinal cortex, area yang bertanggung jawab untuk menyimpan memori. Entorhinal cortex adalah bagian otak yang pertama kali diperiksa ketika seseorang mengalami penyakit Alzheimer.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa latihan aerobik memiliki efek positif pada bagian otak khususnya yang bertanggung jawab pada penyimpanan memori.

sumber: telegraph.co.uk