Nafsu Makan Anak Buruk, Coba Cara Ini…

0
63
Anak akan Lahap (istimewa)
Anak akan Lahap (istimewa)

MALANGVOICE – Bagi anak-anak, makan termasuk dalam proses pembelajaran dan eksplorasi. Untuk membantu menerbitkan selera makan anak, orangtua dapat melakukan beberapa trik.

Menurut Heri Santoso Dr SpA, dokter spesialis anak yang ada di Jalan Bromo Kota Malang, mengadakan acara makan keluarga dengan rutin memberikan kesempatan anak melihat orangtua mengonsumsi beragam jenis makanan dan berkomentar positif pada makanan itu.

“Tapi tetap biasakan waktu makan yang konsisten, yaitu tiga kali waktu makan utama dan dua kali makan camilan tiap hari. Batasi waktu sekitar 30 menit untuk tiap waktu makan,” katanya saat dihubungi MVoice, pagi ini.

Ia menambahkan, orangtua sebaiknya membiarkan anak makan dengan mandiri. Kalau bisa buat makanan praktis yang dapat dipegang dan dimasukkan ke dalam mulut anak dengan mudah. Berikan hanya 1-2 jenis makanan pada anak saat makan dan Berikan dalam porsi kecil.

“Gunakan perlengkapan makan dengan gambar dan warna-warni menarik atau ajak anak-anak lain untuk makan bersama. Anak-anak cenderung makan lebih banyak ketika bersama teman sebaya,” tambahnya.

Terakhir, ia menyarankan orangtua melibatkan anak-anak saat memproses makanan yang dihidangkan. Mulai dari membeli, membersihkan hingga memasak dan menyajikan untuk mendorongnya lebih berselera.