Musim Peralihan, Hati-hati Cuaca Ekstrim

0
110
Awan gelap di langit Kabupaten Malang. Potensi hujan jelang kemarau banyak terjadi di siang dan sore hari.

MALANGVOICE – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Karangploso memprediksi kemarau akan berlangsung pada minggu kedua Mei mendatang. Saat ini, di beberapa wilayah sedang terjadi peralihan musim yang menyebabkan cuaca ekstrim seperti angin kencang, petir, hingga puting beliung.

Dikonfirmasi MVoice melalui sambungan telepon beberapa menit lalu, Kepala BMKG Karangploso, Hartanto mengatakan, bersamaan dengan dimulainya pergantian musim, maka sejumlah daerah akan mengalami intensitas hujan lebat dalam kurun waktu singkat antara 30 menit hingga satu jam.

“Tidak semua wilayah, hanya lokal atau per wilayah. Kebanyakan terjadi di siang hingga sore hari,” jelas Hartanto.

Ia menjelaskan, hujan tinggi tersebut akan didahului dengan hawa udara yang panas. Saat ini suhu udara mencapai rata-rata 31 derajat. Hujan yang datang saat kondisi suhu panas itulah yang kemudian memicu timbulnya puting beliung seperti yang terjadi di Desa Donomulyo beberapa hari lalu.

“Puting beliung, tanah longsor, pohon tumbang dan juga banjir bandang masih bisa terjadi sepanjang pergantian musim seperti saat ini,” gerangnya.

Khusus untuk warga yang beraktifitas di luar ruangan. Hartanto menyarankan untuk berhati-hati agar tidak berada di bawah pohon maupun berdiri di area terbuka seperti lapangan atau persawahan agar tidak terkena bencana.