Musim Penyakit, Pasien Pengguna BPJS Meningkat

0
73
dr Wahyu (istimewa)

MALANGVOICE – Selain menimbulkan bencana alam, musim hujan awal tahun ini juga mendatangkan beberapa penyakit. Masyarakat akhirnya berbondong-bondong ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk berobat menggunakan kartu BPJS-nya masing-masing.

Hal itu seperti terjadi di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Gondanglegi. Banyak warga yang terserang penyakit, meskipun dikategorikan ringan, namun tetap membahayakan bila tak ditangani.

“Pasien memang meningkat akhir-akhir ini, mereka sakit seperti pilek, batuk-batuk, demam, Muntaber, dan lain-lain. Mungkin tubuh sedang adaptasi dengan musim. Karena itu konsumsi vitamin juga penting,” kata Kepala Puskesmas, dr. Wahyu.

Jumlah pasien yang menggunakan BPJS, sambungnya, juga banyak. Menurut Wahyu, itu berarti sudah banyak warga yang sadar dengan kebutuhan kartu BPJS sehingga bisa memanfaatkannya. “Kenaikan sekitar 10 – 15 persen,” tambahnya.

Wahyu berharap warga yang belum memiliki kartu BPJS agar segera mendaftarkan diri. Karena BPJS sangat penting saat warga mengalami sakit. Apalagi ibu hamil, lanjutnya, bila terjadi komplikasi membutuhkan biaya banyak, sehingga jauh-jauh hari harus masuk BPJS agar kesehatannya tercover.

“Warga yang sudah punya kartu BPJS juga saya harap selalu membawa kartu dan KTP-nya, lalu mengikuti prosedur yang ada. Karena ada proses rujukan bagi pemakai BPJS,” tandasnya.