Musim Kemarau Tak Pengaruhi Debit Sumber Air Torong Park 

0
53
Seorang warga memanfaatkan sumber air Torong Park. (fathul)

MALANGVOICE – Kota Batu punya satu sumber air yang tak pernah berkurang debitnya meskipun kemarau, yakni Sumber Torong Park di Jalan Dorowati, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu.

Lokasinya memang agak sulit dicari, karena masuk ke perumahan dan melewati beberapa gang. Tapi  warga setempat pahan dengan Sumber Air Torong Park.

“Kemarin pas kemarau kan banyak wilayah lain yang sumber airnya mati atau debit air menurun, kalau di sini nggak pernah. Lancar terus,” kata warga setempat, Hari Siswadi.

Rumah Hari Siswadi berada di mulut gang menuju sumber air. Ia bersama warga lainnya memanfaatkan air ini untuk kebutuhan sehari-hari, dari mandi, mencuci, hingga air minum.

Hari Siswadi selalu mengajak warga menjaga pelestarian lingkungan agar tidak mempengaruhi debit air.

“Sumber air ini untuk mengaliri lahan pertanian juga. Kurang lebih ada 10 hektar sawah di sisi timur yang pengairannya dari sini,” lanjut pria yang akrab dipanggil Peter ini.

Dari pantauan MVoice, salah satu sumber yang muncul tapi sudah dipagari dengan sebuah selang besar yang masuk ke dalam tanah. 

Siswadi menduga ada perusahaan yang menyedot air dari sana. Tapi ia tidak bisa apa-apa. “Kita ini cukup tahu, urusan orang besar itu,” sambungnya.

Di kompleks sumber air ini ada banyak ruangan yang sengaja dibangun untuk mandi warga. Ada juga musala yang digunakan petani salat, terletak di dekat sumber mata air lain bernama Sumber Bening.

Patung seorang dewi juga ada di sini dan Peter enggan menjelaskan siapa dia. Di sisi lain, kolam-kolam penampungan berisi air dibangun, serta jalan setapak membelah komplek sumber air menuju sawah sehingga cocok dibuat cuci mata.-