Murid TK Restu 1 Mengenal Hewan Peliharaan Lebih Dekat

0
85
Murid kelas B TK Restu 1 mengenal hewan (deny)

MALANGVOICE – Ada pemandangan lain terlihat di TK Restu 1 Jalan Bandung, Kota Malang, pagi tadi. Hampir seluruh murid TK yang berjumlah 120 anak itu, datang ke sekolah membawa aneka hewan.

Mereka membawa hewan sesuai program ‘Aku Sayang Anak’. Tujuannya untuk memantapkan pengetahuan murid akan hewan.

Mereka membawa beberapa jenis hewan, seperti kucing, burung dan ada juga yang membawa ikan. Bahkan salah satu wali murid mendatangkan reptil jenis iguana raksasa.

Murid kelas B TK Restu 1 mengenal hewan (deny)
Murid kelas B TK Restu 1 mengenal hewan (deny)

Murid-murid itu pun tertarik pada iguana berumur empat tahun itu. Tanpa rasa takut, para guru mengajak murid berkenalan lebih dekat dengan memegang dan memberikan makan hewan itu.

Kepala Sekolah TK Restu 1, Siti Ruqoiyah, mengatakan, dengan interaksi pada hewan itu para murid diharap bisa lebih mencintai hewan. “Mereka kami ajarkan cara merawat, memberi makan hewan secara langsung agar mereka menyayangi hewan di sekitar,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan itu juga mendukung K13 (Kurikulum 13) yang tidak harus belajar teori, tapi lebih menekankan pada praktik. “Dengan menyentuh hewan, mereka bisa tahu bulu kelinci berbeda dengan bulu burung dan sebagainya. Kami menempatkan diri sebagai fasilitator,” tuturnya.

Program yang dilaksanakan tiap tahun itu juga menggandeng LSM Animal Indonesia untuk memberikan pendalaman materi dalam mengenal hewan dan memutar film pengetahuan.

Direktur Animal Indonesia, Suwarno, mengaku senang dengan progam TK BA Restu. Kegiatan itu juga selaras dengan program school visit.

“Kami senang menjelaskan ke murid tentang mencintai hewan, ada beberapa yang perlu diperhatikan. Seperti kesejahteraan hewan, kebutuhan hewan, dan menjaga agar tak merasa stress. Hewan juga banyak kebutuhan,” jelasnya.

Kegiatan ‘Aku Sayang Hewan’ dilakukan sejak kemarin, melibatkan seluruh murid TK dan kelompok bermain.