Meski Mahal, Manfaat Kiwi Sangat Sepadan

0
90
Buah Kiwi (istimewa)
Buah Kiwi (istimewa)

MALANGVOICE – Kiwi (Actinidia Deliciosa) dikenal akan tampilannya yang eksotis, dengan bulu lembut di kulit luarnya dan daging buah berwarna hijau terang.

Di Indonesia, kiwi harus didatangkan dari negara lain sehingga harganya termasuk mahal dan seringkali dianggap sebagai buah mewah.

Namun, tingginya harga kiwi ternyata sebanding dengan manfaat yang dimilikinya. Buah kiwi ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita.

Dosen Biologi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Drs Anjisman MPd mengatakan, kiwi merangsang pertumbuhan sel ovum sehingga siklus menstruasi lebih teratur.

Selain itu, buah kiwi juga bermanfaat untuk ibu hamil. Kiwi merangsang pertumbuhan otak janin, dan mencegah terjadi cacat syaraf mata.

“Itu karena kiwi mengandung acid folid. Mulai dari katarak, minus, kebutaan bisa dicegah,” tukasnya saat dihubungi MVoice.

Dia menambahkan, kiwi termasuk sumber vitamin C, E, dan serat pangan yang baik. Vitamin A, beta karoten, lutein, zeaxanthin serta vitamin B kompleks seperti folat, riboflavin, niacin, dan tiamin juga ditemukan dalam kiwi meski jumlahnya tidak sebanyak vitamin C, K dan E. Oleh karena itu, disarankan mengkonsumsi 1-3 buah kiwi tiap minggunya.