Menjadi Studentpreneur Itu Mudah, Asal…

0
14
Pebisnis Muda (anja)
Pebisnis Muda (anja)

MALANGVOICE – Menjadi studentpreneur atau pengusaha muda sangat mungkin diraih apabila seseorang memiliki motivasi yang kuat dan tahu trik-trik mencapainya. Hal itu dijelaskan oleh Drs Sunarto, dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (FE UM) dalam seminar Bisnis Syariah di Aula D4 Gedung FE UM, hari ini.

Sunarto mengatakan, kunci utama menjadi pengusaha adalah dengan memiliki mindset positif dan cari alasan kuat kenapa harus berbisnis.

“Tanam mindset positif! Anda pingin kaya? Tanamankan mindset kaya itu ke dalam benak Anda. Jadi mindset ini bahan bakar untuk memulai usaha. Alasan memulai bisnis itu juga harus kuat, kalo sekedar ikut-ikutan ya bisnisnya tidak bertahan lama biasanya,” tandasnya.

Kunci kedua menjadi studentpreneur adalah membangun jaringan. Artinya carilah teman sebanyak-banyaknya. Ini akan membantu membentuk mindset yang positif, mengembangkan skill berkomunikasi dan bersosial.

“Jangan temenan sama teman satu kos saja, bangun relasi mulai sekarang. Kenalan dengan orang baru, ajak ngobrol, minta kontaknya, lalu jalin hubungan baik,” tandasnya.

Bukan hanya relasi, studentpreneur juga harus pintar dan terdidik.

“Jangan hanya duduk di kampus ikut kuliah saja. Tapi, sebaiknya perbanyak ilmu dengan sering mengikuti seminar dan kegiatan pelatihan. Begitu juga kuliah, janganlah sekali-sekali terbebani karena berkuliah/sekolah adalah rejeki. Jadi manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya,” tandasnya lagi.

Yang terakhir, mulailah belajar bisnis model canvas, yaitu teknik merencanakan bisnis hanya dalam satu kertas dengan menentukan berbagai komponen yang terlibat dalam bisnis.

“Anda bisa tahu siapa pelanggan Anda, apa channelnya, siapa saja stakeholder dan sumber dananya. Ini penting sekali untuk diketahui calon pebisnis ya,” kata dia.