Mendekati Pilkada Batu, Pilkades 5 Desa Tak Akan Mundur

0
72
Suliana (fathul)

MALANGVOICE – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kota Batu tidak akan ditunda meski bersamaan dengan tahapan Pilkada. Rencananya, gawe besar di desa itu bakal dilaksanakan pada 29 September mendatang.

Sementara lima desa yang akan melaksanakan Pilkada adalah Desa Sumberbrantas, Desa Pesanggrahan, Desa Sumbergondo, Desa Pandanrejo, dan Desa Bulukerto.

Kepala Bagian Pemerintahan, Suliana, mengatakan, pihaknya telah mengumpulkan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan panitia pemilihan kepala desa untuk menyosialisasikan hal itu.

“Sebenarnya tahun hanya ada tiga desa yang masa jabatan kepala desanya habis, yaitu Sumbergondo, Bulukerto, dan Pandanrejo. Dua desa lainnya habisnya tahun 2014, tapi diundur karena bersamaan Pileg dan Pilpres,” jelas Suliana kepada MVoice melalui selulernya, beberapa menit lalu.

Lagi pula, pelaksanaan Pilkades dilaksanakan sebelum Pilkada 2017 sehingga ia yakin tidak akan mempengaruhi apa-apa. Pilkades akan jalan terus karena sangat penting untuk melakukan pemilihan kepala pemerinhan di tingkat paling bawah itu.

“Kami sudah siapkan anggaran sebesar Rp 250 juta dari APBD, masing-masing desa mendapat jatah Rp 50 juta. Ini untuk menutupi ADD atau Dana Desa yang hanya boleh digunakan maksimal Rp 10 juta saja,” tandasnya.