Melalui Dharmasiswa, Pemerintah Promosikan Indonesia

0
30
Siswa Dharmasiswa di UMM (Anja)

MALANGVOICE – Dharmasiswa merupakan program yang diselenggarakan Pemerintah RI bagi mahasiswa asing dari 75 negara seluruh penjuru benua yang mempunya hubungan diplomatik dengan RI.

Di Kota Malang, ada 200-an mahasiswa asing belajar di kampus-kampus penyedia program Dharmasiswa, seperti Universitas Muhammmadiyah Malang, Universitas Negeri Malang, Politeknik Negeri Malang, IKIP Budi Utomo, dan VEDC Malang.

Menurut Dr Arief Budi Wurianto M Si, Tim Satgas Dharmasiswa RI di BPKLN (Biro Pengembangan Pendidikan Kebudayaan Luar Negeri), program ini bertujuan untuk mempromosikan budaya Indonesia di luar negeri.

“Selama 1 tahun, mahasiswa asing akan belajar bahasa Indonesia. Setelahnya, mereka akam berhubungan dengan kedutaan RI diluar negeri. Mereka bertugas sebagai duta budaya Indonesia di negaranya,” paparnya kepada MVoice.

Dikatakan, alumni penerima beasiswa Dharmasiswa biasanya akan bekerja di bidang kebudayaan seperti bahasa dan pariwisata di negaranya.

“Tidak jarang mereka juga mengajar bahasa Indonesia di negaranya nanti. Intinya, kita ingin mengenalkan Indonesia di kancah Internasional sebagai negara yang damai, tinggi toleransi dan kaya budaya,” tutupnya.