MCW Sorot Belanja Mobil Dinas Pemkot Malang

0
4
Aksi Demo MCW di depan Kantor Balai Kota Malang

MALANGVOICE – Puluhan aktifis Malang Corruption Watch (MCW), pagi ini menggelar aksi demo di depan Kantor Balai Kota Malang, menuntut penghentian belanja mobil dinas yang dinilai terlalu berlebihan.

Mereka membawa beberapa banner dan satu replika mobil dengan plat warna merah bernomor N 378 AP, yang artinya pembelian mobil dinas bisa berujung pada tindak penyelewengan anggaran.

MCW2Dalam aksinya MCW menegaskan, selama kurun waktu 2014 sampai 2016, anggaran yang digunakan untuk belanja mobil dinas mencapai sekitar Rp 39 miliar. Jumlahnya setiap tahun selalu meningkat, kecuali 2016 ini.

“Ini aksi damai kami, karena setiap tahun SKPD selalu menganggarkan kendaraan dinas,” kata koordinator aksi, Arif Ramadhan, di sela aksi.

MCW juga membandingkan anggaran untuk belanja mobil dinas yang ternyata lebih besar daripada anggaran penanggulangan gizi buruk selama 2014 sampai 2016 yang hanya Rp 15 miliar. “Apakah anggaran-anggaran itu hanya untuk membeli kendaraan dinas saja?” tukasnya.

Timpangnya anggaran untuk pembelian mobil dinas dibanding anggaran untuk kesehatan dan pendidikan, kata dia, harusnya menjadi perhatian serius pemerintah.

“Sehingga visi dan misi Peduli Wong Cilik bisa direalisasi,” tandasnya.