Mbois Rek, Handbody Mahasiswa UB Ini Sabet Tiga Penghargaan Internasional

0
124
Mahasiswa UB peraih penghargaan internasional (ist)
Mahasiswa UB peraih penghargaan internasional (ist)

MALANGVOICE-Mbois tenan prestasi tiga mahasiswa Fakultas Teknik UB, Sofia Afifah A dan Yuyun Drupadi AA dari Teknik Kimia, dan Indra Barani mahasiswa Teknik Mesin.

Ketiga mahasiswa itu menciptakan lotion anti kanker yang mereka namakan Azala Hand And Body Lotion. Hebatnya, lotion karya mereka ini meraih tiga penghargaan sekaligus dalam even bertaraf internasional, 27th Asian Young Inventors Exhibition (AYIE) 2016 yang di selengarakan di Kuala Lumpur Covention Centre Malaysia, 12-14 Mei 2015.

Tiga penghargaan yang mereka dapatkan adalah Bronze Medals AYIE 2016, Special Awardoleh World Invention Intellectual Property Associations(WIIPA) dan Special Award oleh International Intellectual Property Network Forum (IIPNF).

Ajang yang diselenggarakan CIS. Network Sdn.Bhd. Malaysia ini diikuti puluhan inovator, antara lain dari Malaysia, Vietnam, Thailand, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Rusia.

Menurut ketua tim Sofia, lotion Azala terinsipirasi kondisi negara tropis yang identik dengan paparan sinar matahari yang terlalu sering. “Dampak sinar UV yang terlaku sering dapat menyebabkan kulit kering dan kanker kulit,” jelasnya.

Sofia menjelaskan, handbody anti kanker ini dijual dengan harga Rp 15 ribu dengan ukuran 150 ml per botolnya.

“Bahannya dari bahan alami, terutama kulit manggis. Semoga bisa memberikan manfaat bagi orang lain,” tegasnya.