Mau ke Batu? Perhatikan Jalur Padat dan Jalur Alternatif Ini!

0
1032
Arus dari Jalan Pattimura yang dialihkan ke arah Dewi Sartika. (fathul)

MALANGVOICE – Libur panjang kali ini dipastikan membuat jalan raya di Kota Batu padat. Polres sudah mengantisipasi dengan pengalihan arus, termasuk menyiapkan pasukan untuk mengurai kemacetan dan melayani wisatawan jika tersesat.

Kasubag Humas, AKP Waluyo, menjelaskan, beberapa jalur yang disiapkan, misalnya dari arah barat atau Pujon, wisatawan bisa langsung menuju Simpang 4 Pesanggrahan – Jalan Panglima Sudirman – Jalan Brantas – Jalan Bromo Semeru – berakhir di Alun-alun Batu.

Dari arah timur atau Malang, wisatawan masuk ke Kota Batu seperti biasanya melalui Jalan Ir Soekarno menuju Jalan Pattimura – Jalan Dewi Sartika – Jalan Agus Salim – Jalan Sultan Agung dan bisa menuju ke Jatim Park, Agrowisata, dan Museum Angkut.

Sementara dari arah Singosari, bisa langsung ke Karanglo menuju ke Karangploso, depan Polsek Karangploso belok kiri hingga Pendem dan Jalan M Hatta – Jalan Pattimura – Jalan Dewi Sartika. Dari Jalan Dewi Sartika, bisa mengambil arah Oro-oro Ombo ke Jatim Park 2, BNS, Predator Fun Park.

Dari arah utara atau Cangar, bisa langsung menuju Jalan Raya Selecta – Jalan Bukit Berbunga – Jalan Brantas – Jalan Bromo Semeru berakhir Alun-alun Batu.

“Kami berharap wisatawan berhati-hati dalam berkendara karena kondisi kendaraan sedang padat,” jelas Waluyo.

Untuk wisatawan yang ingin keluar dari Kota Batu, Polres juga sudah menyiapkan jalurnya agar tidak menimbulkan penumpukan kendaraan. Sepanjang jalur juga sudah disiapkan papan penunjuk arah sehingga wisatawan tidak tersesat.

Ada dua jalur untuk keluar dari Batu dari Jalan Ir Soekarno, pertama melewati Jalan Brantas, masuk ke Jalan Pandanrejo sampai Kecamatan Karangploso, tembus Singosari. Kedua, dari Lippo Plaza, wisatawan bisa lewat Jalan Wukir – Jembatan Pendem – Jalan M Hatta menuju ke Karangploso.

Selain kedua jalan itu, wisatawan juga bisa melewati jalan masuk ke Kota Batu seperti biasa. Misalnya ke arah Jombang dan Kediri bisa ke arah Pujon, Ngantang, Kasembon. Sementara ke arah utara bisa lewat Cangar menuju Mojokerto dan Surabaya.