Made By Noel, Padukan Daun Pandan dan Tissu

0
411
Lutfia (Anja)

MALANGVOICE – Membuat tas lukis dari bahan kain sepertinya sudah biasa. ‘Made by Noel’, online shop yang digawangi Lutfia, Firmaningtyas mengadirkan kerajinan tas anyaman daun pandan yang dipadukan dengan paper napkin (tissu) bergambar menjadi produk tas cantik dan unik.

Lutfia mengatakan, ia memiliki basic melukis dan membuat produk produk dengan menggunakan media lukis. Namun, waktunya semakin tersita karena setiap lukisan butuh waktu pengerjaan sangat lama.

Dompet & Tas (Anja)
Dompet & Tas (Anja)
“Saya makin tidak sempat soalnya saya juga sudah punya anak,” kata Lutfia kepada Mvoice.

Lalu, kakak ipar Lutfia yang berkuliah S3 di Belanda membawakan paper napkin bergambar ketika pulang ke Indonesia. Tahun 2014, Lutfia memulai melakukan banyak eksperimen untuk memadukan tas pandan yang ia beli dari pengerajin di Tasikmalaya dengan paper napkin bergambar dari Belanda.

Ternyata, hasilnya sangat menarik. Ia mengakui, permintaan di Malang tidak setinggi permintaan di luar kota. Anehnya, orang Malang malah membeli produknya dari luar kota.

“Padahal orang luar kota itu belinya ke saya, tapi orang Malang tidak tahu kalau itu binya dari saya,” katanya tertawa.

Karena itulah, ia bertekat untuk mengenalkan produknya ke masyarakat Malang. Namun, ia terkendala dengan pasokan paper napkin.

“Paper napkin ini tidak dijual disini, mereka jualnya di Eropa saja. Ini saya belinya di Jerman nunggu 1-2 bulan sampai produknya datang,” tambahnya.

Selain tas pandan, Lutfia juga mengaplikasikan paper napkinnya ke botol, kaleng, kayu dan perabot lain. Dalam sebulan, ia bisa mengirim 1000-2000 produk dengan harga mulai Rp 35.000- Rp 350.000

Tertarik dengan tas Made by Noel? Mampir saja ke akun Instagramnya @madebynoel, atau mampir ke galerinya di Jalan Sumbersari II/93 Malang.