Machung Siap Gelar Pesta Rakyat Ngalam

0
70
Machung
Machung (anja)

MALANGVOICE – Universitas Ma Chung Malang Gelar Ma Chung Festival (MCF) sebagai acara puncak orientasi mahasiswa baru (maba)atau biasa disebut ‘ospek’.

Dalam gelaran bertajuk “Pesta Rakyat Ngalam”, maba diajak berkolaborasi dengan komunitas seni, perajin, maupun sanggar pendampingan belajar anak di Taman Krida Budaya Malang, 5 Maret 2016.

Wakil Rektor 1 Universitas Ma Chung, Ir Stefanus Yufra M Taneo MS MSc
Wakil Rektor 1 Universitas Ma Chung, Ir Stefanus Yufra M Taneo MS MSc

Kolaborasi itu melibatkan 20 komunitas Malang, seperti komunitas tari tradisional, musik patrol, karawitan, barongsai, kerajinan tangan, master of ceremonny (MC), musik jalanan, teater dan sebagainya.

Dari kelompok kerajinan, ada komunitas grafiti, seni melukis, komik, grafir kaca, dan wayang suket. Selain itu, sekitar 100 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) turut meramaikan. Pelaku bisnis kuliner akan mengisi gerai bazar kuliner Nusantara maupun pameran pernak-pernik kerajinan (handcarft).

Koordinator Global PRN, Charina Halim Sugiono, kegiatan itu merupakan ajang mahasiswa dalam membangun relasi, bersosialisasi, dan berkomunikasi dengan masyarakat.

“Terutama dalam hal mengembangkan kreatifitas, seni dan budaya,” kata dia saat dihubungi MVoice.

Terpisah, Wakil Rektor 1 Universitas Ma Chung, Ir Stefanus Yufra M Taneo MS MSc mendukung penuh kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini bisa jadi bahan menimba ilmu dalam hal keorganisasian, kerja sama tim, keriwausahaan, sekaligus pemberdayaan UMKM,” kata dia.