Longsor, Jalan Jantur-Brau Kota Batu Putus Total

0
24
Jalan utama Dusun Jantur-Dusun Brau Putus total setelah longsor.(Miski)
Jalan utama Dusun Jantur-Dusun Brau Putus total setelah longsor.(Miski)

MALANGVOICE – Jalan utama Dusun Jantur-Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, putus total.

Longsor terjadi sejak Selasa (15/11) sore, tetapi hanya separuh jalan yang mengalami longsor. Namun, hujan yang twrus mengguyur menyebabkan jalan beraspal tersebut putus total Rabu (16/11), pagi.

Pantauan MVoice, jalan tersebut rusak sepanjang 10 meter dengan kedalaman 12 meter, sehingga pengguna jalan roda dua dan empat tidak bisa melintas.

Kepala Dinas PU Bina Marga, Arif Assiddiq, mengakui, jalan tersebut merupakan jalan utama yang digunakan warga setiap hari. Pasca putus total, warga Dusun Brau terpaksa menggunakan jalan lain, yakni Dusun Brau-Dusun Celaket dan sebaliknya.

“Dusun Brau mayoritas usaha peternakan sapi perah, pasti terganggu aktivitas warga,” kata dia, beberapa menit lalu.

Pihaknya bersama BPBD lantas mencari jalan agar jalan bisa normal kembali. Arif mengakui saat ini sudah ada tiga alternatid untuk pemulihan jalur.

Alternatif pertama, membebaskan lahan di sebelah jalan, tapi perlu biaya cukup besar dan pengerjaannya butuh waktu lama. Ini bisa dilakukan mengingat kanan kiri jalan langsung jurang.

Kedua, dengan cara memperbaiki kondisi yang ada. Dengan rekayasa jembatan dengan posisi jembatan lebih rendah riga meter disertai sistem drainase yang mendukung.

Ketiga, diaspal seperti sediakala, tapi posisinya lebih rendah dengan sistem plengsengan dan beton. Sekaligus pelebaran jalan sekitar tiga meter.

“Harapannya hari ini skenario kontruksi bisa dibuat dan diajukan ke Pak Wali dan dewan, supaya segera bisa dikerjakan,” jelasnya.

Ditambahkan Arif, penyebab longsor karena kondisi tanah labil disertai tekanan air yang cukup kencang.

“Petugas dari Dishub memasang eambu larangan melintas, supaya masyarakat bisa mencari jalan alternatif lain,” paparnya.