LKS Bidang Chemistry, Peserta Bikin Indikator Zat Asam Alami

0
50
Suasana LKS bidang Chemistry dan peserta dari SMK 2 Batu. (deny)

LKS Jatim 2015 - MalangMALANGVOICE – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) se Jawa Timur bidang Chemistry diikuti 13 peserta di SMA Negeri 4 Malang, hari ini. Peserta berlomba membuat inovasi penentuan kadar asam menggunakan indikator alami.

Peserta dituntut melakukan penelitian terhadap bahan alami di sekitar, seperti tanaman untuk bisa menentukan kadar asam pada suatu zat dan diawasi tiga juri dari ITS dan Unesa.

Penanggung jawab lomba, Sunardi, menyebut, dari hasil indikator itu nantinya akan dinilai dan diberi skor. “Tadi ada dua zat yang dites dengan indikator alami. Selama ini banyak menggunakan indikator kimia yang harganya mahal,” katanya, siang tadi.

Lomba berakhir pukul 12.00 WIB. Salah satu peserta dari SMK 2 Batu, Yulifia Wulandari, mengaku lomba sangat seru saat bersaing berinovasi. Tim SMK 2 Batu menggunakan kayu secang sebagai tes indokator asam.

“Peserta lain banyak gunakan dedaunan, tapi saya pakai secang. Lumayan seru, saya juga sudah latihan sejak lama,” terangnya usai ikuti lomba.

Dijelaskan, ekstraksi kayu secang bisa untuk mengetahui kadar asam. Karenanya, ia optimistis bisa meraih poin besar. “Saya optimis saja bisa menang,” harapnya.

Besok, kegiatan LKS masih berlanjut. Dijadwalkan bidang chemistry akan menjalani tes tulis dan wawancara sebelum pengumuman pemenang, 5 November mendatang.-