Lewat Robo-Nation, Siswa SMA Akrab dengan Dunia Robotika

0
72
Robo-Nation (istimewa)

MALANGVOICE – Motivasi dan minat siswa SMA dan SMK di bidang robotika semakin meningkat, berkat pelatihan dan workshop dari Departement Sosial Masyarakat Eksekutif Mahasiswa Sistem Komputer (Sosma EMSK).

Adalah Robotic Workshop for Fun and Education (Robo-Nation), sebuah pelatihan untuk meningkatkan peminat calon mahasiswa program studi Sistem Komputer atau sekarang disebut Teknik Komputer. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (Filkom-UB).

“Dengan pelatihan ini, siswa lebih akrab dengan pembelajaran hardware khususnya robotika. Ilmu ini akan membantu mereka menyiapkan diri ketika memulai kuliah di program studi Teknik Komputer di UB,” kata Muhammad Taufiq, Ketua Pelaksana Robo-Nation, saat dihubungi MVoice beberapa menit lalu.

Ia mengatakan, workshop akan dibagi menjadi dua sesi yakni teknis dan non-teknis.

“Seminar masuk ke acara non teknis semacam pemberian materi teori robot. Yang kedua adalah teknis, jadi peserta langsung berkecimpung di pembuatan robot,” tambahnya.

Selain teori dan praktek membuat robot secara berkelompok, peserta juga diberi tantangan membuat robot Lego EV3 yang harus bergerak lurus ketika mendekati selotip hitam dan melakukan rotasi jika tidak mendeteksi selotip hitam di arena yang disediakan.

Ia memaparkan, pelaksanaan workshop yang pertama sudah diadakan di SMA Negeri 8 Malang dengan mengusung tema Exploring Robotic Technology. Selanjutnya, program ini juga dilaksanakan di SMAN 4 Malang dan SMKN 5 Malang.

“Kemarin, acara ini mendapat respon positif dari pihak sekolah SMAN 8 Malang,” tutupnya.