Lantik Forum Anak, Dewanti: Jangan Takut Lapor Polisi!

0
3
Dewanti Rumpoko
Dewanti Rumpoko saat dilantik

MALANGVOICE – Forum Anak Maha Satu (Mahkota Anak Kota Wisata Batu) dilantik oleh Dewanti Rumpoko di Block Office. Sebanyak 30 siswa ini bakal menggerakkan kegiatan anak-anak selama satu tahun ke depan.

Kepada wartawan, Dewanti mengatakan agar anak-anak ikut serta mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak. Karena jika menunggu orang dewasa dan polisi akan kesulitan, kecuali anak-anak mengawasi sesama temannya.

“Jika ada hal-hal yang anak-anak ketahui sesuatu yang tidak sepatutnya dilakukan orang tua kepada anak, atau anak kepada anak lainnya, segera laporkan ke guru, orang dewasa lainnya, atau polisi. Jangan takut!,” ungkap Dewanti tegas.

Apalagi forum anak sudah mengenal ke beberapa orang yang memang fokus mengurusi soal anak, seperti SKPD BPMPKB maupun lembaga swadaya masyarakat. Sehingga lebih mudah jika ingin melaporkan kasus kekerasan anak.

“Termasuk yang harus dilaporkan adalah ketika mengetahui ada anak-anak teman kita yang terjerat narkotika. Kalau sudah diinfokan ke orang dewasa yang bertanggung jawab sehingga bisa diatasi,” imbuh Dewanti.

Ia berharap, anak-anak juga mengetahui hak-hak dan kewajibannya sehingga bisa imbang. Hak anak seperti tetap belajar, bergaul dan beraktivitas dalam lingkungan yang baik.