Kuliah Tamu di Unikama, Ini Tips HT Hadapi Persaingan Global

0
80
Suasana Kuliah Tamu (anja)
Suasana Kuliah Tamu (anja)

MALANGVOICE – CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo dalam kuliah tamunya di Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) memberikan kiat dan cara meraih sukses kepada mahasiswa.

HT, demikian ia akrab disapa, mengharapkan pemuda mampu berkembang dan memulai bisnis dengan keuletan karena persaingan dunia global sangat ketat. Apalagi saat ini, kondisi ekonomi tidak terlalu baik.

“Pada dasarnya kita lebih banyak memanfaatkan daripada dimanfaatkan, padahal dulu kita sempat dijuluki macan Asia. Itu sangat bagus. Tapi kita harus lebih berkembang lagi, karena negara-negara lain sedang berlomba untuk menyalip indonesia, berlomba mendapatkan investasi dari negara-negara maju,” papar pria yang juga Ketua Umum DPP Partai Perindo, beberapa menit lalu.

HT tidak lupa menceritakan sejarah awal bagaimana dia membuat sebuah perusahaan dengan modal kecil hingga menjadi perusahan besar di Indonesia.

Menurut HT, untuk memulai bisnis tidak harus dengan modal yang besar.

“Yang utama itu niat dan tekad yang kuat, dan tidak putus asa,” tandasnya.

Selain itu, salah satu cara membangkitkan kondisi ekonomi adalah menciptakan lapangan kerja, membuka usaha yang mandiri serta pemerintah mencari upaya lain dengan penyuluhan pajak, maka akan membantu perkembangan perekonomian Indonesia.

Mahasiswa Unikama, Albertus, mengatakan, materi yang disampaikan HT sangat bermanfaat dan membantunya optimistis menghadapi persaingan.

“Bagus, soalnya saya kan mau lulus. Jadi ini memberikan motivasi dan wawasan juga untuk saya dan teman-teman,” kata mahasiswa semester 7 itu.