Kota Batu Tuan Rumah O2SN 2016 Jatim

0
173
Mahfud (fathul)

MALANGVOICE – Penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Provinsi Jawa Timur 2016 bakal digelar pada Mei mendatang, di Kota Batu. Ini pertama kalinya O2SN dilaksanakan di luar Kota Surabaya.

Sekretaris Komite Olahraga Nasional (KONI) Mahfud, memaparkan, Dinas Pendidikan Provinsi Jatim sudah beberapa kali melakukan survei di Batu. Mereka melihat seluruh sarana dan prasarana yang akan mendukung perhelatan olahraga akbar antar siswa itu.

“Kami bersyukur karena keinginan Kota Batu dipilih Dindik Jatim untuk melaksanakan olimpiade di luar Kota Surabaya. Meskipun kota kita kecil, tapi memang cukup diperhitungkan,” ungkap Mahfud kepada MVoice.

Mahfud optimis sarana maupun prasarana di Kota Batu telah memadai. Bahkan untuk event tingkat nasional, Mahfud melihat Batu sangat potensial. Karena seluruh sumber daya yang dibutuhkan telah siap, baik sarana olahraganya, maupun kemauan pemerintah dan KONI-nya.

Dalam O2SN tingkat Jatim ini, akan ada 8 cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan. Stadion Brantas akan digunakan untuk upacara pembukaan sekaligus perlombaan Cabor Atletik.

GOR Ganesha akan digunakan sebagai perlombaan bulu tangkis, dan Gedung Kesenian menjadi pusat tenis meja. Sementara renang akan dilaksanakan di kolam milik Univ Negeri Malang (UM) karena Kota Batu masih belum memliki kolam sendiri.

“Dulu di Kota Batu berhasil dilaksanakan Aksioma (Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah, red) dan Porseni dengan 10 ribu peserta. Mereka bilang pelaksanaan di Batu yang terbaik, jadi untuk O2SN juga kita nggak akan mengecewakan,” tandas Mahfud.