Kota Batu Siaga Bencana!

Sasmito (fathul)

MALANGVOICE – Tak ada hujan tak ada angin, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu menetapkan kondisi Siaga Bencana hingga 29 April 2016 ini.

Menurut Kepala BPBD, Sasmito, penetapan kondisi siaga didasarkan pada peringatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah Batu.

“Penetapan kondisi Siaga Bencana ini untuk menambah ketanggapan BPBD terhadap bencana. Meskipun selama ini, anggota kami selalu siap sedia jika dibutuhkan,” ungkap Sasmito kepada MVoice.

Bencana yang harus diwaspadai di Kota Batu ini konvensional, seperti banjir, tanah longsor, dan puting beliung, termasuk bencana yang disebabkan sosial, seperti kebakaran.

“Anggarannya di luar yang sudah dimasukkan dalam APBD, jadi ada dana tak terduga yang harus dicairkan,” sambung Sasmito.

Meski ditetapkan Siaga Bencana, Sasmito tidak mau warga panik berlebihan. Karena kondisi di Batu aman sehingga warga harus beraktivitas seperti biasa.

“Biar tim BPBD yang aktif menanggulangi kebencanaan. Kalau ada tanah longsor atau bencana lain, tim di lapangan sudah mendapat akses yang memadai,” tandasnya.