Kongkow Positif Bareng Rhesus Negatif, Kenali Jenis Rhesusmu

0
133
Keceriaan peserta (ist)

MALANGVOICE – Dari miliaran penduduk, ternyata hanya 1% masyarakat di Asia yang mengetahui jenis Rhesus darah mereka. Bahkan banyak yang meregang nyawa karena tidak mendapat transfusi darah yang cocok di saat membutuhkannya.

Hal inilah yang diusung Dasi PR Agency bersama Rhesus Negatif Indonesia dalam acara Kongkow Positif bersama Rhesus Negatif , kemarin, bertempat di lantai 2 Ria Djenaka Jalan Bandung.

Talkshow bersama pakar (ist)
Talkshow bersama pakar (ist)

Pembicara Dr Susanto Nugroho SPA dan dua pembicara lainnya, menjelaskan asal-usul Rhesus Negatif dari segi medis, dan tentu saja juga alasan mengapa hal ini sudah sepatutnya diketahui masyarakat.

Lebih dari 50 orang memadati kursi peserta pada hari itu mendapatkan berbagai macam info dan pengalaman menarik dari para narasumber.

Hampir seluruh peserta yang menghadiri acara siang hari itu mengaku bahwa mereka belum mengetahui jenis rhesus-nya.

Selain talkshow, juga ada cek rhesus gratis dan beberapa hiburan menarik seperti live acoustic dan Stand up Comedy Malang.

Suasana check rhesus peserta (ist)
Suasana check rhesus peserta (ist)

Bahaya yang ditimbulkan rhesus darah yang tidak diketahui antara lain, gugurnya janin pada ibu mengandung karena perbedaan rhesus ibu dengan bayi, dan langkanya darah dengan rhesus negatif di banyak rumah sakit yang tentunya bisa berakibat fatal apabila seseorang dengan rh negatif membutuhkan darah dengan rhesus yang sama.

Check reshus menarik minat peserta (ist)
Check reshus menarik minat peserta (ist)

Rhesus sendiri diambil dari nama Macaca Mulatta (kera rhesus) yang ditemukan oleh Karl Lendsteiner & Alexander S Wiener pada1937 di India, penelitian itu membuahkan hasil berupa ditemukannya fakta penting dari Rh Factor oleh Phillip Levine & Rufus Stetson yang merujuk pada penyakit darah pada bayi yang baru lahir dan reaksi transfusi darah pada 1939.