Kompres untuk Demam, Efektifkah?

0
101
Anak demam beristirahat (ist)

MALANGVOICE – Sebagian dari Anda mungkin menggunakan kompres untuk menurunkan panas demam anak. Sebenarnya, kompres saja tidak efektif.

Seorang dokter di MT Haryono, dr Sri Muliani, memaparkan, demam adalah reaksi sistem pertahanan tubuh melawan infeksi bakteribatau virus. Penyebab lainnya adalah efek sampjng imunisasi. Tapi umunnya demam mereda setelah tiga hari.

Dijelaskan, orang tua lebih memilih untuk memakaikan kompres demam kepada anaknya yang sedang mengalami peningkatan suhu tubuh. Penanganan ini mudah dilakukan di rumah dan efektif untuk membuat anak merasa lebih nyaman. Namun, kompres saja tidak cukup.

Obat penurun panas, lanjutnya, seperti acetaminofen, tetap disarankan untuk diberikan sepanjang kondisi anak belum pulih. Namun sebelumnya, perhatikan usia anak saat Anda berikan obat penurun panas karena acetaminofen hanya boleh diberikan jika usia anak sudah di atas dua tahun.

Sebagai pilihan lain, Anda dapat memberikan ibuprofen untuk usia anak minimal enam bulan.

“Jangan aspirin ya,” tandasnya.

Jika demam semakin meninggi, ini saatnya orangtua segera memeriksakan kembali ke dokter di rumah sakit. Karena bisa jadi indikasi penyakit lain yang butuh penangan khusus.