KKN 90 UMM, Latih Warga Manfaatkan Jagung dan Kulitnya

0
98

MALANGVOICE – Pelatihan kewirausahaan yang diikuti oleh ibu PKK di balai Desa Simbaringin, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto (9/8) adalah salah satu bentuk program kerja yang dilakukan oleh divisi ekonomi Kuliah Kerja Nyata (KKN) 90 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Latih Usaha3

Penyuluhan ini bertujuan untuk membangun kreativitas masyarakat dalam pengolahan limbah pertanian sehingga menjadi produk bernilai jual tinggi. Karena peluang yang ada di desa Simbaringin itu sangat besar, maka kelompok KKN mengobservasi potensi desa.

Latih Usaha4

Mayoritas warga desa Simbaringin adalah pentani yang menanam padi, jagung dan bawang. Kelompok KKN mengangkat ide inovatif yaitu memanfaatkan sampah dari kulit jagung yang berserakan. Kulit jagung itu bisa disulap menjadi kerajinan daur ulang berbentuk bunga. Sedang, jagung bisa dijadikan puding jagung yang lezat dan bergizi.

Latih Usaha1

Antusiasme ibu-ibu peserta sangat tinggi. Mereka sangat telaten dan memperhatikan setiap arahan dari mahasiswa KKN yang mengajari cara membuat seni kerajinan daur ulang dari tanaman jagung.