KKN 103 Beri Penyuluhan Tentang Dokter Cilik Pada Siswa SD

0
109
Mahasiswa UMM mempraktikkan cara menggosok gigi. (istimewa)

MALANGVOICE – KKN 103 menggelar penyuluhan tentang dokter kecil kepada puluhan siswa – siswi Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberkerto, Pagak, Kabupaten Malang.

Kegiatan selama dua jam itu dapat apresiasi yang luar biasa dari para siswa. Mereka sangat antusias ketika Hafif, selaku pemateri memberikan pengarahan kepada mereka.

Hafif mengatakan, tujuan diadakan penyuluhan untuk memotivasi para siswa agar lebih bisa menjaga kebersihan lingkungan dan mengajarkan hidup sehat kepada mereka.

“Pentingnya menjaga lingkungan yang bersih merupakan kunci utama menuju hidup sehat,” ujarnya.

Mahasiswa jurusan ilmu Kedokteran Universitas Muhammadiyah (UMM) Malang, itu juga berpesan kepada para siswa agar lebih bisa mengimplementasikan hasil dari penyuluhan dokter kecil sebeagai penanganan pertama jika ada kerabat mereka yang sakit.

“Kami sengaja memberikan gelar dokter kecil kepada salah satu siswa agar ia dapat menjadi penutan untuk membentuk UKS, mengingat di tempat itu masih belum ada ruang untuk UKS,”tegasnya.

Ramlan salah satu guru kelas III di SDN Sumberkerto, mengatakan bahwa ia membutuhan lahan untuk membentuk ruang UKS. Namun, masih terkendala dengan peralatan yang masih belum lengkap.

“Peralatan di sini hanya ada kasur dan tensimeter, itu pun tensimeternya sudah rusak,” ungkapnya.

Selain penyuluhan tentang dokter kecil, mahasiswa kkn 103 umm juga membagikan bingkisan kepada para siswa berupa peralatan gosok gigi dan beberapa souvenir.