Kemenpar RI Ajak Travel Agent Tiga Negara ke Museum Angkut

0
41
Lilis Fauziah. (fathul)

MALANGVOICE – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI membawa 19 orang dari travel agent dan tour operator tiga negara untuk mengenal potensi wisata Kota Batu, yakni Museum Tubuh dan Museum Angkut.

Kasubbid Perjalanan Wisata Pengenalan, Minat Khusus dan Konvensi Kemenpar, Lilis Fauziyah, mengatakan, tiga negara itu adalah China, Taiwan dan India, yang turut menyumbang masuknya wisatawan ke Indonesia.

“Kunjungan wisata itu dalam rangka Familiarization Trip atau disingkat Famtrip. Dari Cina ada 15 orang, dari India 2 orang, dan Taiwan 2 orang,” kata Lilis kepada MVoice, beberapa menit lalu.

Dikatakan, Kemenpar RI di tahun 2015 ini menargetkan 10 juta kunjungan wisatawan mancanegara. Dari hasil kunjungan para agent travel ini, Lilis berharap jumlah target bisa dipenuhi.

Sesuai data Kemenpar, hingga akhir September, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia sudah mencapai 7,1 juta. Ia optimis dapat menambah lagi jumlah wisman ke Indonesia.

“Jadi, saat ini kita memperkenalkan obyek-obyek wisata yang ada di Indonesia agar paket wisata mereka di luar negeri arahnya ke sini,” tutur Lilis.

Pemilihan wisata Museum Tubuh dan Museum Angkut sendiri, papar perempuan asli Tasikmalaya ini, karena orang dari China menyukai wisata yang bernuansa sejarah. Karenanya, Museum Angkut dirasa bakal menarik minat mereka.

Perjalanan yang memakan waktu 7 hari ini sudah membawa rombongan berwisata ke Bali dan Kota Batu. Di Bali mereka berkunjung ke Tanah Lot dan Cruish Safari Dinner.

“Kita mampir ke Surabaya juga karena di sana banyak agent travel lokal yang bisa diajak kerja sama. Jadi mereka saling tukar kontak, mungkin pembelian belum, tapi kerja sama sudah terjalin,” jelasnya lagi.

Sepulangnya dari Famtrip ini, Lilis berharap para agent travel dan tour operator ini bisa ‘menjual’ Indonesia di negaranya masing-masing. Karena sudah melihat sendiri destinasi di Indonesia, menjual wisatanya akan lebih mudah.-