Kembangkan ESQ Siswa, SMAN 9 Gelar Gebyar Festival Muharram

0
95
Suasana setelah pawai
Suasana setelah pawai

MALANGVOICE – Untuk mewadahi kreatifitas dan mengembangkan karakter spiritual siswa, SMAN 9 Malang menggelar Gebyar Festival Muharram, pagi ini.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB itu mengajak seluruh siswa mulai kelas X-XII berlomba pawai taaruf berkeliling kompleks perumahan Griya Santha di dekat sekolah.

“Kecerdasan intelektual saja tidak cukup. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan memuculkan karakter religius dan kecintaan kepada Allah SWT. Selain IQ, EQ ada pula ESQ, itulah yang kami coba tingkatkan pada diri anak-anak ya,” kata ketua panitia Sumikhan MPd kepada MVoice.

Kegiatan yang baru pertama kali digagas di SMAN 9 ini, selain mengajak lomba pawai, siswa juga diajak berlomba menciptakan Kelas Berkarakter. Kelas Berkarakter itu dinilai berdasarkan aspek keindahan, kerapian, kreativitas, tata tertib kelas, dan prestasi kelas itu.

“Antusias siswa sangat tinggi. Mereka sudah heboh mempersiapkan kelas mereka sejak seminggu lalu. Pemenang lomba pawai dan kelas berkarakter akan mendapatkan uang senilai 1 juta rupiah,” tambah guru pendidikan agama Islam ini.

Salah seorang siswa dan juga panitia kegiatan, Silviatul Haniyah juga optimistis kegiatan ini bisa meningkatkan nilai kebersamaan, religius, dan mengenalkan SMAN 9 Malang sebagai sekolah yang tidak hanya berprestasi dari sisi akademik tapi juga memiliki nilai Islami.

Silviatul Haniyah berfoto diantara teman-temannya
Silviatul Haniyah berfoto diantara teman-temannya

“Nah setelah pawai ini, teman-teman perwakilan setiap kelas akan menampilkan yel-yel mereka. Kita juga bagi-bagi 80 dorprize lho. Hadiah paling besar adalah sepeda gunung, kipas angin, dispenser dan blender,” tukas siswa kelas XI jurusan IPA ini.

Siswa berkumpul menunggu pengumuman hasil lomba
Siswa berkumpul menunggu pengumuman hasil lomba

Acara diramaikan juga oleh penampilan perkusi dan lagu-kagu ditampilkan oleh siswa. Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra Zubaidah juga hadir dalam acara itu memberikan motivasi dan support. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat positif untuk pengembangan karakter siswa.

Siswa antusias dengan membawa aksesoris sendiri.
Siswa antusias dengan membawa aksesoris sendiri.