Kelompok 155 KKN UMM Ajarkan Produksi Sabun Susu Kambing pada Ibu-ibu PKK

0
133

MALANGVOICE – Mengusung tema ‘Optimalisasi Agribisnis Ternak Kambing melalui Peningkatan Teknologi dari Hulu ke Hilir’, Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 155, memberikan pelatihan kepada ibu-ibu PKK.

Acara digelar di Aula Balai Desa Sumbersekar, melibatkan 17 peserta pelatihan yang merupakan kelompok PKK Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Mereka mendapat pelatihan terkait pengolahan produk pasca panen peternakan kambing, 2 Gustus kemarin.

Koordinator kegiatan, Lutfatul Amna, menjelaskan, pelatihan itu dilatarbelakangi potensi Desa Sumbersekar berupa peternakan kambing, yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan bagi warga sekitar, dalam hal ini susu kambing yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk, salah satunya sabun.

Program pemberdayaan masyarakat ini tak sebatas melakukan sosialisasi semata, juga melakukan pendampingan dan pengawasan, agar terbentuk adanya pembangunan berkelanjutan.

“Pelatihan pengolahan hasil pasca panen susu kambing ini diharapkan menjadikan ibu-ibu PKK bisa menjadi pionir dan mendirikan usaha mandiri berbasis pengolahan hasil ternak kambing,” tutur salah satu mahasiswa mahasiswa Program Studi Peternakan UMM itu.

Sementara instruktur pelatihan, Retno Safitri SPt. Memaparkan, sabun susu yang diproduksi kali ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya, susu yang diolah menjadi sabun memiliki kadar lebih kental dibanding sabun susu yang dijual di pasaran.

Tak hanya itu, Retno juga merinci banyak manfaat dari sabun susu kambing itu, di antaranya dapat meremajakan kulit. Kandungan mineral seperti selenium juga melindungi kulit dari ancaman kanker.