Kelebihan Asam Lambung, Ini Risikonya untuk Kesehatan

0
1281
Sakit (anja)
Sakit (anja)

MALANGVOICE – Asam lambung cairan asam dalam lambung befungsi mencerna makanan. Tapi, jika kelebihan asam lambung bisa membahayakan kesehatan karena cairan ini sangat asam mengandung asam klorida bisa mengikis dinding lambung.

Seorang dokter di jalan Arumba, dr Rahman Agus mengatakan, kelebihan asam lambung bisa menyebabkan heartburn. Heartburn atau nyeri ulu hati adalah sensasi nyeri dan perih di dada atau tenggorokan. Kondisi ini terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan, yaitu saluran yang membawa makanan dari mulut ke perut.

Selanjutnya Anda berisiko terserang penyakit lambung seperti Gastroesophageal reflux disease atau GERD.

“Kalau sakit yang ini penyembuhannya melalui obat-obatan. Kalau parah bisa sampai operasi,” katanya saat dihubungi MVoice.

Selain itu asam lambung bisa menyebabkan berbagai permasalahan mulut mulai dari kerusakan gigi dan bau mulut. Cairan asam lambung bisa mengikis email gigi. Parahnya, asam lambung juga bisa memperparah astma dan pneumonia jika asam lambung yang naik tak sengaja terhirup.

“Bahkan sakit asam lambung juga berdampak menimbulkan penyakit kanker kerongkongan. Makanya asam lambung tidak bisa diremehkan. Harus diperiksakan dan ditanggapi serius,” tuturnya.