Jurnalisme di Era Digital, Apa Saja Keuntungannya?

0
102
Diskusi Jurnalisme Era Digital siang ini (anja)
Diskusi Jurnalisme Era Digital siang ini (anja)

MALANGVOICE – Pada era modern, hampir semua orang mempunyai smartphone/gadget dengan jaringan internet. Inilah yang disebut era digital, dimana setiap orang memiliki akun sosial media, akses digital, internet baik untuk keperluan atau fungsi personal dan sosial.

Efek ini kian dirasakan perusahaan media dan jurnalis, dimana pembaca merupakan ‘dewa’ baru, karena jumlah dan minat pembaca menjadi tolak ukur suksesnya suatu berita.

“Disebut juga sebagai social news, dimana berita era digital itu diambil dari analisis tren di sosial media. Orang kini bisa baca berita dimana saja, kapan saja, dan apa saja,”  kata Arfi Bambani Amri, Sekjen Aliansi Jurnalis Independen (AJI), saat diskusi di Bazar Media beberapa menit lalu.

Berita di era digital yang sifatnya sosial pun bisa bersifat personal, karena berita-berita itu tersortir otomatis disesuaikan profil pengguna.

“Misalkan orang Bekasi, berita yang muncul di smartphonenya yang diusulkan biasanya ya berita-berita dari Bekasi. Misalkan hobinya sepakbola yang muncul berita sepak-sepak bola. Sekarang orang bisa men-setting berita apa yang masuk di gadgetnya,” katanya.