Jingga, Atlet Lari Berprestasi dari SMPN 6 Malang

0
488
Jingga menunjukkan medalinya (anja)
Jingga menunjukkan medalinya (anja)

MALANGVOICE – Gadis belia asal Blitar kelahiran 2003 ini tidak menyangka dirinya bisa jatuh cinta dengan olahraga cabang lari.

Ialah Jingga Eka Farera, siswa SMPN 6 Malang ini memborong tiga medali sekaligus untuk olahraga lari di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) November 2016 lalu. Jingga, sapaan akrabnya, berhasil menyabet medali juara 1 estafet 400 meter, juara 2 estafet 400 meter dan juara 3 estafet 1. Desember ini ia juga berhasil mendapat juara 2 Nasional kategori lari 100 meter di Kejurda.

Ia bercerita, bakat olahraganya didapatkan dari sang ayah, Eko Yuli Suprianto yang juga gemar bermain basket. Demikin dia tidak terlalu menyukai basket.

Sejak kelas 5 sekolah dasar, Jingga pernah menjuarai lomba lari pertamanya. Saat itulah Jingga menemukan potensinya dalam berlari.

Jingga pantang menyerah dan semangat berlatih (anja)
Jingga pantang menyerah dan semangat berlatih (anja)

“Waktu itu ada lomba di sekolah, karena bingung ikut lomba apa, yasudah saya ikut lari. Ternyata bisa,” kata perempuan berjilbab ini.

Untuk melatih kecepatan, Jingga selalu rutin fitness seminggu dua kali. Kemudian lari berkeliling stadion Gajayana tiap hari senin dan sabtu. Bersama pelatihnya, Oni Chandra, Jingga bermimpi bisa menjuari kejuaraan lari hingga tingkat internasional.

Menurutnya, hal terberat ketika berlatih lari adalah jarak. Ia masih kewalahan berlari cepat 500 meter. Tapi ia gigih berlatih supaya suatu hari bisa menaklukkan jarak tersebut.